Jumat, 13 November 2015

Menteri Kominfo Mengusulkan Pelajaran Coding Masuk Kurikulum SMK 2016

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Bapak Rudiantara Mengusulkan Pelajaran Coding Masuk Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mulai Tahun 2016- Apakah coding itu ? Coding/Koding (sebelumnya dikenal sebagai "Kodingen") adalah sebuah lingkungan pengembangan online milik koding, Inc yang memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk program dan berkolaborasi secara online di web browser tanpa kebutuhan download kit/Software development kit pengembangan perangkat lunak. Platform ini mendukung beberapa bahasa pemrograman ( Sebuah bahasa pemrograman adalah resmi bahasa buatan yang dirancang untuk berkomunikasi instruksi ke mesin, khususnya komputer. Bahasa pemrograman dapat digunakan untuk membuat program-program untuk mengontrol perilaku mesin atau untuk mengekspresikan algoritma), termasuk C, C ++, Go, Jawa, Node.js, Perl, PHP, Python, dan Ruby.

Pada tahun 2009 Kodingen (pendahulu dari koding) diluncurkan,  yang termasuk sebagian besar fitur yang koding hari ini. Kemudian aplikasi ditutup sementara untuk pengembangan lebih lanjut, yang mengakibatkan koding.

Versi pertama dari koding diluncurkan pada 16 Januari 2012 sebagai beta pribadi, maka beta publik mulai pada tanggal 24 Juli 2012. Versi beta terakhir dirilis di publik pada 7 Agustus 2013.

Platform koding mencakup pakan kegiatan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim update status, potongan kode dan topik, sebuah Ace editor kode, sebuah Linux terminal untuk mesin virtual pribadi di mana pengguna dapat menjalankan dan program debug, dan Aplikasi katalog. Pengguna dapat meng-host mereka aplikasi web pada koding di bawah subdomain. Platform ini juga mengimplementasikan sendiri CoffeeScript kerangka berbasis aplikasi untuk aplikasi dalam IDE.

Menteri Kominfo Mengusulkan Pelajaran Coding Masuk Kurikulum SMK 2016

Menteri Kominfo Mengusulkan Pelajaran Coding Masuk Kurikulum SMK 2016
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengusulkan pelajaran coding masuk dalam kurikulum sekolah, khususnya untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Hal tersebut untuk mendorong anak-anak muda Indonesia untuk belajar coding.

Mengenai rencana pelajaran coding masuk kurikulum sekolah telah diusulkan oleh Menteri Kominfo kepada Menteri Pendidikan dan Bapak Anies sudah menyetujuinya.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar